Polri antisipasi polarisasi saat Pemilu 2024

Polri menyiapkan langkah-langkah jelang Pemilu 2024 dengan ancaman polarisasi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto Antara

Kepolisian menyiapkan berbagai langkah dan mekanisme untuk pengamanan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Apalagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan pengundian nomor peserta Pemilu bagi partai politik hari ini (14/12).

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, adanya peluang terkait tensi yang akan terasa tinggi menjadi sorotan bagi Korps Bhayangkara. Dengan demikian, tidak ada kericuhan di masyarakat terhadap pilihannya masing-masing.

“Pemilu terkait pengamanannya juga disiapkan secara preventif maupun preemtif. Supaya polarisasi tidak ada dan kesatuan masyarakat terjaga dengan seluruh elemen," kata Sigit dalam konferensi pers, Rabu (14/12).

Sigit menyebut, hal ini dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan demi terjalannya Pemilu yang aman. Selain itu, Listyo juga menegaskan bahwa meskipun adanya pengaman pemilu pihaknya juga masih akan mengusut tuntas kasus yang ada saat ini.

“Disamping itu tentunya upaya-upaya kita masih melakukan penegakan hukum terhadap kasus-kasus yang menjadi atensi dan perhatian masyarakat,” ujarnya.