Polri imbau penyelam yang evakuasi Lion Air untuk terapi Hiperbarik

Terapi hiperbarik adalah metode terapi tekanan udara yang diperuntukkan bagi para penyelam.

Para petugas TNI yang akan melakukan pencarian korban Lion Air JT-610. Foto: Antara Foto

Tim medis RS Polri Kramat Jati mengimbau kepada seluruh penyelam yang terlibat dalam evakuasi Lion Air PQ-LQT untuk melakukan terapi hiperbarik. Pasalnya sampai saat ini, RS Polri baru melakukan terapi hiperbarik pada penyelam yang telah dikerahkan Polri saja.

Penanggung jawab terapi hiperbarik RS Polri, AKBP Karjana, mengatakan pihaknya baru melakukan terapi terhadap 19 penyelam yang diterjunkan Polri. Namun, ia tidak dapat memastikan apakah penyelam lainnya sudah melakukan terapi tersebut.

“Kami tidak dapat memastikan berapa yang sudah dan yang belum, tapi kami baru melakukan terapi hiperbarik terhadap 19 penyelam dari Polri. Hari ini ada empat yang melakukan terapi hiperbarik,” ujarnya di RS Polri, Senin (5/11).

Menurut Karjana, terapi herbarik sudah menjadi SOP bagi para penyelam. Pasalnya, terapi hiperbarik dapat mencegah serangan dekompresi akibat pengurangan tekanan udara di permukaan laut.

Ia juga menjelaskan, dekompresi sendiri terjadi akibat adanya benturan antara gas dan nitrogen di permukaan laut. Selain itu, dekompresi dapat terjadi karena penyelam tidak melakukan secara bertahap saat turun ke dasar laut.