Polri siapkan skenario antisipasi aksi tandingan reuni 212 di Monas

Antisipasi dilakukan guna mencegah terjadinya konflik antar kelompok yang sama-sama melaksanakan aksi.

Aksi bela Tauhid. Antara Foto

Pihak kepolisian menyatakan telah mengantisipasi adanya aksi tandingan terhadap reuni 211 yang akan diselenggarakan di silang Monas, Jakarta, pada Minggu (2/12). Antisipasi dilakukan guna mencegah terjadinya bentrok antar kelompok yang sama-sama melaksanakan aksi.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan pihaknya telah mendeteksi segala potensi, apalagi menjelang pelaksanaan aksi sejumlah pihak menyatakan akan membuat kegiatan serupa.

“Pada prinsipnya Polri, khususnya Polda Metro Jaya sudah mengantisipasi secara komprehensif dan detail potensi ancaman yang terjadi di dalam setiap kegiatan masyarakat seperti itu” kata Dedi di Jakarta pada Kamis, (29/11).

Dedi menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan skenario pengamanan pada saat penyelenggaraan reuni 212 berlangsung. Namun sayang, Dedi enggan membeberkan secara rinci mengenai skenario pengamanan tersebut.

Kendati demikian, Polri tetap mengimbau kepada masyakarat agar tidak terprovokasi oleh segala sesuatu yang bisa memecah belah bangsa. Masyarakat juga diimbau tetap menjaga persatuan.