Polri masih berusaha menembus wilayah KKB ungkap kematian pendeta

Kondisi wilayah yang dikuasai KKB menjadi satu-satunya kendala tim gabungan mengungkap kematian Pendeta Yeremia.

Personel Brimob saat berjaga di sekitar Asrama Mahasiswa Nayak di Abepura Jayapura tahun 2019/Foto Antara Foto.

Polri dan TNI masih berusaha menembus wilayah Intan Jaya terutama sekitar Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) untuk mengungkap kematian pendeta Yeremia Zanambani. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan daerah kekuasaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Kami sedang tangani bersama rekan TNI karena wilayah tersebut masih dalam penguasaan kelompok KKB," kata Kapolda Papua, Irjen Paulus Waterpaw saat dikonfirmasi Alinea dari Jakarta, Kamis (1/10).

Menurut Paulus, sejauh ini pemeriksaan saksi juga masih minim karena hanya dari pihak keluarga, yakni isteri dan salah seorang anggota lainnya.

Paulus mengakui, sampai saat ini tim gabungan masih berupaya mengumpulkan barang bukti dan saksi lainnya yang mengetahui peristiwa itu. Namun, kendala jarak dan kondisi lokasi sekitar menjadi satu-satunya tantangan tim gabungan mengungkap pembunuhan tersebut.

"Daerah hitam, jadi tidak ada orang yang bisa dengan mudah melewati jalan poros tengah tersebut. Kami masih upayakan terus cari saksi dan barang bukti," ujarnya.