PON XX di Papua, Polri kerahkan 9.000 personel

Ribuan personel akan mengamankan total 20.000 orang yang hadir di PON XX.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis berfoto bersama usai memberikan pengarahan kepada seluruh prajurit TNI-Polri di wilayah Maluku yang dipusatkan di Lapangan Apel Markas Komando Lantamal IX Ambon, Maluku, Jumat (17/1/2020). Foto Antara/izaac mulyawan

Polri mengerahkan 9.000 personel untuk mengamankan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021. Ribuan personel itu terdiri dari jajaran Polda Papua dan BKO dari Mabes Polri.

"Ribuan personel itu akan mengamankan kurang lebih 20.000 orang yang akan datang di wilayah hukum Polda Papua, terdiri dari lebih dari 6.000 atlet, sekitar 3.000 official dan 9.000 lebih orang panitia," ujar Direktur Pengamanan Obyek Vital Polda Papua, Kombes Nicolas Ari Lilipaly melalui keterangan tertulis, Kamis (12/8).

Nicolas mengatakan, pengamanan akan dilakukan mulai dari kedatangan dan kepulangan atlet beserta rombongan, venue, pengamanan upacara pembukaan atau penutupan, hingga pengamanan api kirap serta pengaman jalur lalu lintas. 

"Mengamankan tempat-tempat penginapan yang digunakan para atlet," kata Nicolas. 

Nicolas pun meminta, kepada seluruh masgarakat untuk turut menjaga keamanan selama pelaksanaan PON berlangsung. Ia juga mengimbau masyarakat selalu menginformasikan potensi gangguan keamanan dan ketertiban.