PPDB jalur prestasi DKI dibuka awal Juli, begini proses seleksinya

Proses seleksi PPDB DKI jalur prestasi tidak terikat zonasi.

Seorang peserta didik didampingi orang tuanya berkonsultasi terkait dengan pendaftaran secara daring di Posko Pengaduan PPDB di SMA 1 Negeri Kudus, Jawa Tengah, Rabu (17/6/2020). Foto Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif.

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur prestasi mulai 1 hingga 3 Juli mendatang. Sebelumnya, Disdik DKI telah membuka PPDB jalur zonasi yang resmi ditutup pada Sabtu (27/6) lalu. 

Hal ini disampaikan Kepala Disdik DKI Jakarta, Nahdiana saat konferensi pers di Balai Kota DKI Jakarta yang disiarkan melalui akun YouTube Pemprov DKI.

Nahdiana menjelaskan, proses seleksi jalur prestasi dilakukan dengan mengurutkan dari nilai tertinggi dan nilai lebih rendah sesuai jumlah kuota yang tersedia.

"Proses seleksi dan pilihan sekolah pada jalur prestasi akademis ini tidak terikat zonasi," kata Nahdiana di Jakarta, Senin (29/6).

Nantinya, sambung dia, calon peserta didik baru dapat mendaftar dan memilih sekolah di seluruh wilayah DKI Jakarta. Selain itu, calon peserta didik baru juga dapat memilih tiga pilihan sekolah sesuai urutan prioritas pilihan.