PPKM darurat dinilai tepat untuk menekan laju penyebaran Covid-19

Masyarakat diminta bersabar, menerima, dan mentaati keputusan PPKM darurat dengan ikhlas.

Pemberlakuan PPKM. Ilustrasi Alinea.id/Oky Diaz

Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo mendukung keputusan pemerintah memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Hal tersebut diyakini bisa menekan penyebaran varian baru Covid-19.

"Situasi saat ini sangat memprihatinkan. Korban jiwa terus berjatuhan. Sementara fasilitas kesehatan kita nyaris lumpuh karena sudah tidak mampu lagi melayani pasien Covid-19. Nah, dalam kondisi darurat seperti sekarang tidak ada pilihan lain, harus dilakukan secepatnya langkah darurat, yakni menerapkan PPKM darurat," kata Rahmad dalam Alinea Forum bertajuk "Strategi Menuju 2 Juta Dosis Vaksinasi Covid-19", Kamis (1/7).

Rahmad berharap masyarakat bersabar dan menerima sekaligus mentaati keputusan PPKM darurat dengan ikhlas. "Kita menyadari keputusan PPKM darurat ini tidak mudah, bahkan akan terasa menyulitkan bagi masyarakat. Tapi aturan ini harus dilakukan demi keselamatan diri, keluarga serta keselamatan segenap anak bangsa dari ancaman pandemi," ujarnya.

Rahmad juga mengimbau kepada pemerintah daerah, khususnya Jawa dan Bali, agar dalam masa penerapan PPKM ke depan bisa bersikap tegas dan konsisten dalam menerapkan aturan di lapangan.

"Pemerintah daerah dibantu aparatur negara harus mampu menegakkan aturan tanpa pandang bulu. Bagi pelanggar diberikan sanksi sesuai  aturan. Ingat, kelemahan kebijakan terdahulu (PPKM Mikro) adalah penegakan disiplin. Jangan sampai kerumunan dilarang, aksi demo dibiarkan," jelas politikus PDI Perjuangan ini.