Kadernya tak dipilih jadi Menag, PPP: Presiden punya agenda

PPP terkejut menteri agama diisi kalangan militer. PPP menghormati keputusan Jokowi tidak menunjuk kadernya sebagai menteri agama.

Penunjukkan Menteri Agama Fachrul Razi oleh Jokowi membuat PPP kaget. Meski begitu, PPP mengaku menerimanya./Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama. Di luar kebiasaan, kali ini Presiden Jokowi menunjuk Menteri Agama justru berasal dari kalangan militer. 

Selama sepuluh tahun terakhir, kursi Menteri Agama selalu diisi kader partai politik, yakni Partai Persatuan Pembangunan atau PPP. Pada tahun 2009, Menteri Agama berasal dari PPP, yakni Suryadharma Ali yang saat itu menjadi Ketua Umum PPP. 

Kemudian disambung oleh Lukman Hakim Saifuddin pada tahun 2014 hingga berakhir pada tahun 2019. Lukman juga berasal dari PPP. 

Pemilihan figur menteri agama bukan dari kader PPP cukup mengejutkan partai. Wakil Sekretaris Jenderal PPP Achmad Baidowi mengakui keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Jenderal (Purn) Fachrul Razi sebagai Menteri Agama sangat mengagetkan. Pasalnya, kata dia, posisi itu selama ini berasal dari kalangan ulama.

"Penunjukkan Pak Fachrul Razi itu memang cukup mengagetkan," kata Baidowi di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).