Prabowo: Ingin Indonesia aman? Kita harus mau berpikir perang

"Perang adalah kegiatan vital bagi setiap negara. Maka dari itu, setiap pimpinan negara harus mau mempelajari perang."

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Dokumentasi Kemenhan

Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, menyatakan, Indonesia harus mau berpikir tentang perang lantaran selalu ada pihak-pihak yang mengancam keutuhan NKRI. Sekalipun tidak populer, tetapi negara yang tidak siap berperang akan dijajah bangsa lainnya.

"Jika ingin Indonesia aman dan damai, kita minimal harus mau berpikir tentang perang. Perang adalah kegiatan vital bagi setiap negara. Maka dari itu, setiap pimpinan negara harus mau mempelajari perang," ucapnya dalam webinar, Jumat (9/7).

"Indonesia harus belajar dari sejarah karena jika tidak kita akan mengulangi hal yang sama (dijajah asing). Walaupun kita tahu perang itu tidak baik, tetapi sejarah manusia mengatakan, bahwa bangsa yang ingin damai dan ingin merdeka adalah bangsa yang siap menghadapi perang," tambahnya.

Para perancang negara, terutama mereka-mereka yang diberi tanggung jawab di bidang pertahanan, terang Prabowo, tidak bisa menyusun kebijakan dan rencana berdasarkan harapan. Pangkalnya, merujuk sejarah perjalanan bangsa, Indonesia selalu diganggu pemberontak sekalipun telah merdeka.

Karenanya, dia mengingatkan, masalah pertahanan dan peperangan di Indonesia bukan soal suka atau tidak suka serta baik atau tidak baik, tetapi menyangkut persaingan bangsa. Di sana tidak ada kawan atau lawan abadi kecuali kepentingan.