Presiden Jokowi diminta turun tangan bereskan masalah BRIN

"Presiden jangan membiarkannya berlarut-larut dan semakin terpuruk."

Anggota Komisi VII DPR asal Fraksi PKS, Mulyanto, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan membereskan berbagai masalah BRIN. Dokumentasi DPR

Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan menuntaskan masalah di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Kepala Negara tidak boleh membiarkan BRIN berjalan seperti sekarang karena banyak temuan pelanggaraan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. 

"Keluhan dari peneliti sudah banyak yang muncul ke publik dan terakhir bahkan terjadi konflik [BRIN] dengan Komisi VII DPR RI," kata Mulyanto dalam keterangannya kepada Alinea.id, Rabu (1/2). 

"Presiden Jokowi harus turun tangan membereskan berbagai permasalahan BRIN ini sebelum terlambat. Presiden jangan membiarkannya berlarut-larut dan semakin terpuruk," imbuh politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Mulyanto mengungkapkan, BRIN nyaris 2 tahun terbentuk, tetapi konsolidasi kelembagaan belum juga beres hingga kini. Justru yang terjadi para peneliti mengeluh lantaran penataan sumber daya manusia (SDM); organisasi; pendanaan dan anggaran riset; perencanaan program; serta pengelolaan keuangan, peralatan dan ruang laboratorium, dan infrastruktur riset dan aset buruk.

Belum lagi masalah terkait hubungan antara BRIN dengan lembaga pengguna riset, baik kementerian teknis, industri, dan daerah.