Presiden Jokowi: Meski dikarantina, mereka saudara-saudara kita

Presiden menyampaikan terima kasih pada warga Natuna yang menerima wilayah mereka dijadikan lokasi observasi coronavirus.

Petugas medis menyemprotkan cairan disinfektan pada Warga Negara Indonesia (WNI) dari Wuhan, China setibanya di Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (2/2/2020). Foto Antara/Kementerian Luar Negeri RI

Presiden Joko Widodo menegaskan ratusan orang yang baru dipulangkan dari China adalah juga warga negara Indonesia. Mereka saat ini tengah menjalani proses karantina di Natuna untuk diobservasi kemungkinan terjangkit coronavirus.

"Saya kira kita memerlukan kebesaran hati seluruh masyarakat Indonesia. Apapun itu adalah saudara-saudara kita," kata Presiden di sela kegiatan meninjau desa terdampak longsor di Sukajaya, Bogor, Jawa Barat, Senin (3/2).

Karena itu mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut mengucapkan terima kasih kepada warga Natuna yang menerima daerah tempat tinggalnya dijadikan lokasi observasi. 

Dia menjelaskan, pemilihan Natuna sebagai lokasi karantina merupakan hasil pertimbangan atas kesiapan lokasi. Sebelum menetapkan Natuna, pemerintah telah memiliki sejumlah opsi daerah yang dapat digunakan menjadi lokasi karantina.

"Memang kemarin ada beberapa alternatif, ada yang kemarin, Morotai misalnya, Biak. Tidak semua pulau bisa dipakai," ucapnya.