Presiden Jokowi sebut kunci sukses hadapi perubahan

Perubahan yang terjadi saat ini harus dihadapi dengan keterbukaan dengan kreasi dan inovasi terus menerus.

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT Ke-74 Kemerdekaan RI dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019)./Antara Foto

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan dalam Sidang Tahunan DPD-DPR mengingatkan masyarakat soal masa depan.

Presiden Jokowi menyebut tantangan yang dihadapi saat ini sangat berbeda dibandingkan tahun sebelumya. Sebab dunia berubah dengan cepat maka Indonesia, kata Jokowi harus berani menghadapi perubahan tersebut dengan terus berkreasi dan berinovasi.

Atas kondisi tersebut, mantan Gubernur DKI Jakarta mengatakan kalau lembaga-lembaga di Indonesia ke depan harus memiliki visi yang sama.

"Harus berani menerima era keterbukaan. Akan tetapi, tidak boleh kehilangan persatuan dan persaudaraan," ucap Joko Widodo di Jakarta pada Jumat (16/8).

Kendati demikian, Jokowi menegaskan check and balances antarlembaga negara tetap penting. Maka katanya, setiap lembaga harus berada dalam bingkai yang sama yakni satu visi besar Indonesia Maju.