Presiden minta rencana vaksinasi Covid-19 siap dalam dua pekan

Indonesia punya dua pilihan sumber vaksin Covid-19. 

Presiden Jokowi saat menghadiri Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Bhayangkara di Istana Negara,, Jakarta, Rabu (1/7)/Foto Setkab.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya membuat rencana detail vaksinasi. Setelah vaksin ada, pelaksanaan di lapangan dapat segera dilakukan.

"Sehingga saat vaksin ada, itu tinggal langsung implementasi, pelaksanaan di lapangan," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, Senin, dalam rapat terbatas secara virtual mengenai Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. "Untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin itu direncanakan secara detail seawal mungkin," lanjutnya.

Mantan Gubernur DKI itu menyatakan, perencanaan vaksinasi harus mencakup waktu pelaksanaan vaksinasi, lokasi vaksinasi, lembaga pelaksana vaksinasi, dan sasaran vaksinasi.

Indonesia punya dua pilihan sumber vaksin Covid-19, yang pertama vaksin Merah Putih yang sedang dikembangkan oleh Kementerian Riset dan Teknologi, Badan Riset dan Inovasi Nasional, serta Lembaga Biologi Molekuler Eijkman.

Kementerian Riset dan Teknologi berharap produksi massal vaksin Merah Putih untuk pencegahan Covid-19 dapat dimulai akhir 2021.