Program ETLE di Sumsel telah masuk ke tahap dua

Setiap wilayah terus berkomitmen dalam meningkatkan budaya berlalu lintas. Salah satunya dengan terus mengembangkan ETLE kedepannya.

Ilustrasi kamera tilang elektronik. Alinea.id/Bagus Priyo

Program tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) tahap II telah resmi di Markas Polda Sumatera Selatan (Sumsel). Penambahan titik-titik pantauan ETLE sebagai bentuk komitmen Sumsel dan seluruh jajarannya, terhadap tercapainya pembentukan budaya tertib berlalu lintas di Sumsel.

Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengatakan, dengan bertambahnya ETLE di beberapa titik di Indonesia bukan diartikan semata Polri akan menangkap pelanggar sebanyak-banyaknya. Namun, memberikan pencegahan agar tidak terjadinya pelanggaran.

“Tolong digaribawahi ETLE ini mendukung proses penegakan hukum. Penegakan hukum bukan hanya memberikan peringatan-peringatan atau teguran kepada pelanggar,” kata Firman dalam keterangan, Jumat (1/7).

Firman menyebut, ke depannya setiap wilayah terus berkomitmen dalam meningkatkan budaya berlalu lintas. Salah satunya dengan terus mengembangkan ETLE kedepannya.

“Sekali lagi pada hari yang spesial pada Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-76 ini Polda Sumsel sebagai salah satu piloting menambah titiknya yang kami nilai sebagai menambah meningkatnya komitmen terhadap terciptanya budaya tertib berlalu lintas,” ujar Firman.