Protes posko penyekatan Suramadu, Menko PMK: Sudah sesuai SOP

Temuan hasil positif Covid-19 sekitar 20% dari total pemeriksaan di Jembatan Suramadu.

Suasana Jembatan Suramadu di Surabaya, Jawa Timur/Foto Antara.

Pemeriksaan di posko penyekatan jembatan penghubung Surabaya-Madura (Suramadu), Jawa Timur, diharapkan dapat mengantisipasi terulangnya lonjakan kasus Covid-19 di Bangkalan, Pulau Madura, Jawa Timur.

Namun, dalam upaya pemeriksaan tersebut menuai pro dan kontra dari masyarakat. Bahkan, sejumlah warga nekat aksi turun ke jalan meminta posko penyekatan dihentikan karena tidak ingin ada pemeriksaan tes usap antigen dan PCR.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut, posko sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Penyekatan ini salah satu langkah tastis. Lama tidaknya tergantung dari kooperatif tidaknya masyarakat. Karena itu saya minta kooperatif lah masyarakat, menahan diri dulu untuk bersedia diatur, bersedia dirancang oleh petugas,” ucapnya saat meninjau langsung lokasi posko penyekatan dari sisi Surabaya, Senin (21/6).

Ia mengatakan, petugas sudah cukup menguasai keadaan dan masalah. Namun, kuncinya tetap di kesiapan dan kesediaan masyarakat untuk bekerja sama.