Puan: Persiapan POPNAS XV di Papua tetap berjalan

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar Papua kembali kondusif. 

Presiden kelima RI Megawati Soekarno Puteri (kanan) dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani (ketiga kiri) tiba di Ruang Rapat Paripurna) Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (16/8)./ Antara Foto

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan persiapan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV tetap berjalan, meskipun saat ini situasi di Papua memanas. 

Puan yakin, POPNAS XV dan Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) IX 2020 bisa terealiasi. Pasalnya, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar Papua kembali kondusif. 

"Kita harus jaga persatuan, enggak bisa memecah belah persatuan dan kesatuan kita. PON akan tetap, Insya Allah sudah kami siapkan," kata Puan saat ditemui usai menghadiri acara pertunjukan kolosal Bidadari-Bidadara di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, Jumat malam (23/8). 

Untuk meredam kondisi memanas di Papua, Puan mengklaim pemerintah sudah melakukan dialog bersama dengan otoritas Papua. 

Disamping itu juga, selama lima tahun ke belakang, lanjut dia, Presiden Joko Widodo juga sudah membangun infrastruktur di Papua. Pembangunan tersebut dinilai sebagai upaya untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas.