Puan minta pemerintah cepat atasi kelangkaan oksigen medis

Pemerintah diminta segera mengeksekusi kebijakan mengalihkan oksigen untuk kebutuhan industri menjadi medis.

Ketua DPR RI Puan Maharani/Foto Dokumentasi DPR RI

Kelangkaan oksigen semakin memperburuk situasi pandemi Covid-19. Ketua DPR RI, Puan Maharani, meminta, pemerintah bergerak cepat untuk mengatasi masalah oksigen di sejumlah daerah, khususnya Pulau Jawa dan Bali.

"Selain menipisnya ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, saat ini persoalan yang tak kalah mendesak untuk diatasi ialah kelangkaan oksigen bagi pasien Covid-19. Pemerintah pusat harus bergerak lebih sistematis dan cepat untuk mengatasinya karena berdampak pada keselamatan pasien yang tengah dirawat," kata Puan dalam keterangannya, Senin (5/7).

Puan mengungkapkan, persoalan kelangkaan oksigen tak bisa diatasi dengan cara-cara reaktif semata, tetapi harus diantisipasi sedini mungkin. Menurut dia, masalah ini bisa ditangani lebih baik dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi digital terkait pendataan kamar rumah sakit dan oksigen.

Politikus PDIP itu berujar, pemanfaatan teknologi informasi digital secara maksimal harus dilakukan untuk mendapatkan data solid dan transparan hingga ketersediaan tempat tidur rumah sakit serta oksigen di berbagai kota bisa dipetakan.

"Dengan pendataan dan pemetaan ini, bila diketahui ketersediaan oksigen di suatu kota sudah mulai menipis, bisa dikirim dari kota terdekat atau disuplai dari pemerintah pusat sehingga oksigen tidak sempat habis lebih dulu," tuturnya.