Puncak arus balik Tol Cikampek diprediksi Selasa dan Rabu

Setelah mudik ke kampung halaman, lonjakan arus balik diproyeksi akan kembali terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek pada Selasa dan Rabu.

Sistem one way dan contra flow diberlakukan di Tol Cikampek untuk mengurai kepadatan arus kendaraan. / Antara Foto

Setelah mudik ke kampung halaman, lonjakan arus balik diproyeksi akan kembali terjadi di ruas tol Jakarta-Cikampek pada Selasa dan Rabu.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. menyiapkan sejumlah langkah dalam rangka mengantisipasi kemungkinan terjadinya lonjakan arus balik Lebaran di Tol Cikampek, Jawa Barat menuju Jakarta.

"Kami memprediksi Selasa (19/6) malam dan Rabu (20/6) malam akan terjadi lonjakan arus balik ke Jakarta, atau bisa dikatakan puncaknya. Kami sudah siapkan langkah-langkah antisipasinya," kata Kepala Gerbang Tol Cikarang Utama Ahmad Zamzuri di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jawa Barat, dilansir Antara, Selasa (19/6).

Menurut Ahmad Zamzuri, beberapa langkah antisipasi yang dilakukan itu, diantaranya memberlakukan sistem one way atau buka tutup serta menyiapkan seluruh perangkat yang dibutuhkan apabila sistem one way tersebut diberlakukan.

"Sistem one way itu dilakukan oleh pihak kepolisian. Tapi kami siapkan seluruh perangkatnya, mulai dari gardu tol, pembukaan lajur-lajur, penanganan di setiap lajur serta menyiapkan apabila harus dilakukan penutupan gerbang tol," ujar Ahmad.