Puncak kepadatan Natal dan tahun baru terjadi pada H-4

Lonjakan kendaraan perayaan Natal dimulai Sabtu (21/12) dan kembali ada lonjakan kendaraan pada 28 Desember, empat hari sebelum tahun baru.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Istiono.Alinea.id/Ayu Mumpuni

Polri memprediksi lonjakan arus lalu lintas jelang perayaan Natal dimulai pada H-4 atau Sabtu (21/12). Sementara peningkatan arus lalu lintas menjelang tahun baru diperkirakan dimulai sejak 28 Desember atau H-4.

“Untuk Natal kepadatannya ada di 21 Desember-22 Desember. Tahun baru kepadatannya pada 28 Desember-29 Desember,” ucap Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Mabes Polri Irjen Istiono di Komplek Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (12/12).

Istiono mengatakan telah menyiapkan rekayasa lalu lintas dan antisipasi mengatasi lonjakan arus tersebut. Polri juga sudah mengidentifikasi beberapa titik kerawanan di Tol Cipali. Sarana dan prasarana pun telah siap untuk menghadapi lonjakan arus tersebut.

Ia menargetkan jumlah kecelakaan lalu lintas saat peningkatan arus lalu lintas menurun 20%-30% dengan antisipasi yang disiapkan.

“Ada titik kerawanan di KM 86 sampai 130 di Tol Cipali, dan kami telah menyiapkan antisipasi untuk menekan kerawanan itu,” tuturnya.