Putri I Nyoman Dhamantra disebut terlibat suap impor bawang putih

Made Ayu Ratih menjadi asisten Mirawati Basri dan I Nyoman Dhamantra, dan dijanjikan mendapat uang dari impor bawang putih.

Tersangka Mirawati Basri yang merupakan orang kepercayaan mantan anggota DPR Fraksi PDIP I Nyoman Dhamantra, meninggalkan gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta, Jumat (22/11)./ Antara Foto

Putri eks anggota Komisi VI DPR RI I Nyoman Dhamantra, Made Ayu Ratih, disebut terlibat dalam perkara dugaan suap pengurusan impor bawang putih 2019. Hal itu diungkapkan oleh orang kepercayaan politikus PDIP tersebut, Mirawati Basri, saat bersaksi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat.

Keterlibatan Ayu Ratih dalam kasus tersebut, bermula saat jaksa penuntut umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Muhammad Takdir Suhan, menanyakan hubungan Ayu Ratih dengan Mirawati Basri. Mirawati mengatakan, dirinya meminta Ayu untuk dapat menjadi asitennya dan ayahnya, I Nyoman Dhamantra.

"Saya minta Ayu untuk bisa dampingi ayahnya menjadi asisten, atau menjadi asisten saya. Karena bahasa Inggrisnya bagus," kata Mirawati, Senin (25/11).

Menanggapi pernyataan tersebut, Takdir menanyakan komunikasi Mirawati dengan putri I Nyoman Dhamantra, dalam pengurusan impor bawang putih.

"Saya sampaikan ke Ayu, 'ini ada pengurusan kuota bawang putih 20.000 ton di kali Rp2 ribu'. 'Nanti kalau ada sisa biayanya, kemudian nanti akan dibagi-bagi bersama-sama'," kata Mirawati mengungkapkan.