Rapat kabinet terakhir, Jokowi klaim bangun fondasi pembangunan nasional

Jokowi menyampaikan apresiasi kepada para menteri dan pimpinan lembaga di periode pemerintahan pertamanya. 

Presiden Joko WIdodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla memimpin Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10)./ Antara Foto

Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna terakhir Kabinet Kerja pemerintah periode 2014-2019. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengklaim di periode pertama pemerintahannya telah membangun fondasi bagi arah pembangunan nasional.

"Selama lima tahun ini kita telah menyusun sebuah pondasi bagi arah pembangunan nasional agar lebih tangguh, lebih produktif, lebih merata," kata Presiden dalam sambutan pembukaan Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Kamis (3/10).

Menurut Jokowi, periode pertama pemerintahannya telah berhasil melakukan pemerataan pembangunan. Tidak hanya terpusat di Pulau Jawa, pembangunan infrastruktur juga dilakukan di berbagai daerah lain.

Reformasi birokrasi dan struktural juga telah dilakukan. Namun Jokowi mengakui hal ini masih dilakukan secara terbatas. 

"Kita harapkan nanti di lima tahun ke depan, kita akan melakukan reformasi struktural ini secara besar-besaran dalam rangka meningkatkan daya saing, memangkas banyak aturan prosedur yang menghambat dan berbelit-belit yang kita punyai saat ini," kata mantan gubernur DKI Jakarta.