Rel dwiganda Manggarai-Bekasi ditargetkan rampung pada 2021

DDT yang melewati Stasiun Manggarai sampai Bekasi tersebut, akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun sentral Manggarai.

Kereta listrik melintas di jalur rel kereta Stasiun Bekasi di Bekasi, Jawa Barat, Senin (8/4)./AntaraFoto

Kementerian Perhubungan menargetkan lintas rel dwiganda atau Double-double Track (DDT) yang melewati Stasiun Manggarai sampai Bekasi bisa rampung pada 2021.

Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Jumardi mengatakan, DDT yang melewati Stasiun Manggarai sampai Bekasi tersebut, akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun sentral Manggarai.

"Sekarang masih sampai Stasiun Cakung, karena di Stasiun Kranji masih ada masalah, terkait pembebasan lahan," ujar Jumardi, Senin (8/4) di Jakarta.

Berdasarkan catatan Kemenhub, masih ada 26 Kepala Keluarga yang menolak untuk diberikan ganti rugi. Padahal, apabila masyarakat setempat bersiteguh tetap menempati tempat tinggalnya tersebut, akan membahayakan jiwa. Karena itu, pihaknya akan terus melakukan negosiasi agar masyarakat mau membebaskan lahannya.

Dalam jangka panjang, DDT diharapkan tidak hanya sebatas melewati jalur Stasiun Manggarai-Stasiun Bekasi, tapi bisa mencapai Stasiun Cikarang.