Renovasi 2 ruang pasien RSUD Sayang Cianjur akan selesai akhir Desember

Kementerian PUPR mengupayakan percepatan renovasi RS untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat.

Pekerja sedang merehabilitasi salah satu ruang di RSUD Sayang, Kabupaten Cianjur, yang sempat rusak akibat gempa berkekuatan M5,6 pada 21 November 2022. Dokumentasi PUPR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengejar percepatan penyelesaian perbaikan fasilitas umum yang mengalami kerusakan akibat gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar), pada 21 November lalu. Salah satu yang tengah berjalan adalah renovasi RUSD Sayang, sebagai upaya meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat di sekitar lokasi bencana.

"Rencana dua minggu ke depan akan selesai dua ruangan pasien, yakni Gedung Flamboyan dan Gedung Baugenvile, yang dapat menampung sekitar 59 pasien," kata Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Riono Suprapto, dalam keterangannya, dikutip Kamis (8/12).

Terdapat beberapa bangunan di RSUD Sayang yang direnovasi usai terdampak gempa berkekuatan M5,6 yang mengguncang Cianjur. Di antaranya, Gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD), bangunan Instalasi Steriloisasi Sentral atau Central Sterile Supply Departrment (CSSD), Gedung Radiologi, dan perbaikan ruang pasien.

Renovasi dikerjakan kontraktor PT Brantas Abipraya (Persero), yang meliputi pekerjaan struktur; arsitek; mechanical, electrical, and plumbing (MEP); dan lansekap.

"Ruang rawat inap pasien Bougenvile memiliki 57 bed dan ruangan Flamboyan 45 bed sehingga totalnya 102 bed," ujar Riono. Rekerjaan renovasi ini melibatkan sekitar 55 tenaga kerja.