Respons Kompolnas atas orasi Kapolri saat aksi buruh

Orasi Kapolri dinilai merupakan wujud negara yang mengakui peranan buruh dalam meningkatkan perekonomian.

Kapolri (tengah) saat sedang menyampaikan orasi di aksi massa buruh. Foto humas Polri

Komisioner Kompolnas Poengky Indarti merespons positif pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat berorasi di tengah aksi massa buruh yang menggelar demonstrasi dalam rangka May Day 2022. Orasi Kapolri dinilai merupakan wujud negara yang mengakui peranan buruh dalam meningkatkan perekonomian.

"Kami mengapresiasi Bapak Kapolri yang hadir langsung di GBK dan mendukung perayaan May Day. Kami juga memuji sambutan Kapolri yang mengucapkan terima kasih kepada buruh atas upaya buruh dalam menyukseskan peningkatan ekonomi nasional," kata Poengky dalam keterangan tertulis, Minggu (15/5).

Poengky mengatakan, kehadiran serta Orasi Kapolri meningkatkan moral kaum buruh. Jadinya Kapolri juga menandakan aparat penegak hukum bersikap humanis dalam menangani aksi demo.

"Ucapan terima kasih dari Kapolri sangat meningkatkan moral buruh dan merupakan bentuk pengakuan negara atas perjuangan Buruh dalam meningkatkan perekonomian nasional," imbuh Poengky.

Di sisi lain, Poengky juga mengapresiasi pelaksanaan demo May Day yang berlangsung damai. Aksi buruh dan aparat bekerja sama dengan baik sehingga demo berlangsung aman.