Ricky Ham Pagawak kaget saat penyidik temukan tempat persembunyiannya

Penangkapan Ricky berawal dari informasi yang diperoleh melalui sosok penghubung.

Bupati nonaktif Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Senin (20/2). ALinea.id/Gempita Surya.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mengungkap detik-detik penangkapan Bupati Mamberamo Tengah nonaktif Ricky Ham Pagawak. Ricky diketahui ditangkap di Abepura, Jayapura pada Minggu (19/2).

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, mengatakan, penangkapan Ricky berawal dari informasi yang diperoleh melalui sosok penghubung. Penghubung yang sempat diamankan terlebih dahulu ini, membantu penyidik mengetahui lokasi persembunyian Ricky.

"Ada informasi yang kami peroleh dari orang yang disebut dengan penghubung, dan itu membantu KPK yang menginformasikan dia (Ricky) ada di suatu rumah. Di perumahan. Rumahnya tertutup. Pagarnya tinggi," kata Ali kepada wartawan, dikutip Rabu (22/2).

Diungkapkan Ali, KPK bersama Direktorat Pidana Umum Polda Papua mendatangi lokasi yang diinformasikan sosok penghubung tersebut. Penyidik mencoba mengetuk pintu gerbang, namun tidak ada respons dari dalam.

"Tim KPK dibantu dari Direktorat Pidana Umum di Polda Papua mendatangi tempat tersebut. Kami gedor-gedor dengan baik-baik, ternyata kemudian tidak ada respons," ujar Ali.