LSI Denny JA sebut Ridwal Kamil, Gibran, Khofifah jadi cawapres kuat

LSI Denny JA menemukan adanya tiga tokoh provinsi yang menguat sebagai cawapres.

Kolase Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri), Wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (tengah), dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan). Alinea.id/Sat.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menemukan adanya tiga tokoh provinsi yang menguat sebagai calon wakil presiden (cawapres) dalam masa delapan bulan menjelang pemilihan presiden (pilpres). Ketiga tokoh ini mewakili tiga daerah besar di Pulau Jawa.

Denny mengatakan, ketiganya adalah Ridwan Kamil dari Jawa Barat, Gibran Rakabuming Raka menjadi perwakilan dari Jawa Tengah, dan Khofifah Indar Parawansa dari Jawa Timur.

Bakal calon presiden (bacapres) yang diusung PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo lemah di Jawa Barat dan akan melirik Ridwan Kamil. Sementara, bacapres Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang ingin merebut Jawa Tengah menimang Gibran Rakabuming Raka. 

“Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto yang ingin merebut Jawa Timur juga mempertimbangkan Khofifah Indar Parawansa,” kata Denny dalam keterangan, Senin (10/7).

Potensi Gibran menjadi cawapres sendiri masih tertutup karena adanya aturan konstitusi yang menyebut guna mengemban posisi tersebut tidak boleh berusia di bawah 40 tahun. Meski demikian, sedang diproses judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK) agar yang menjadi capres atau cawapres bisa berumur di bawah 40 tahun.