Ridwan Kamil klaim warga Jabar bebas coronavirus

Sebanyak enam RS di "Bumi Pasundan" disiapkan untuk mengatasi wabah Covid-19.

Seorang warga membaca pamflet sosialisasi pencegahan coronavirus yang dibagikan PMI di Kota Tua Penagi, Kecamatan Ranai, Kabupaten Natuna, Kepri, Kamis (6/2/2020). Foto Antara/M. Risyal Hidayat

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, mengklaim, belum ada warganya yang terinfeksi coronavirus jenis anyar, Covid-19, hingga kini. Pernyataan merujuk hasil uji Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Balitbangkes Kemenkes).

"Per hari ini (Rabu, 12/2), semuanya negatif," ujar Emil, sapaannya, di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Hasan Sadikin, Kota Bandung, Jabar, beberapa saat lalu.

Kendati begitu, dia mengklaim, pemerintah provinsi (pemprov) akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait. Macam Kemenkes, Imigrasi, dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). "Untuk memastikan, kami memiliki data-data yang akurat," ucapnya.

Pun bekerja sama dengan pihak terkait. Khususnya dalam memantau lalu lintas tenaga kerja asing (TKA) dari China, episentrum wabah coronavirus.

Dinas tenaga kerja di seluruh kabupaten/kota telah diminta berkoordinasi dan memantau migrasi TKA. Sesuai prosedur sederhana.