RS Darurat Covid-19 dipastikan beroperasi besok

RS darurat ini dibagi tiga zona sesuai fungsi dan peruntukannya.

Petugas mempersiapkan alat medis di RS Darurat Covid-19, kompleks Wisma Atlet di Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/3/2020). Foto Antara/Galih Pradipta.

Pemerintah memastikan Gedung Wisma Atlet Kemayoran yang dijadikan sebagai rumah sakit (RS) darurat penanganan Covid-19 di Indonesia dapat beroperasi pada Senin (23/3).

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, wisma atlet Asian Games Kemayoran di Jakarta Utara yang empat hari terakhir disulap menjadi rumah sakit ini, merupakan hasil kerjasama berbagai pihak, termasuk swasta. 

"BUMN akan mensuplai kebutuhan-kebutuhan RS Darurat Penanganan Covid-19 ini, baik peralatan kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri dan masker. Selain itu, untuk kebutuhan komunikasi, kami juga sudah menyiapkan jaringan telekomunikasi hingga 500 MB,” kata Erick dalam keterangan resminya, Minggu (22/3).

Menurutnya, RS Penanganan Darurat Covid-19 ini, akan dibagi dalam tiga zona. Zona hijau yang berada di gedung tower 1, akan diisi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Hanya orang yang berkepentingan yang bisa memasuki daerah ini.

Zona kuning yang berada di tower tiga, akan diisi oleh Dokter, Perawat, dan petugas medis lainnya. Selain itu, ada zona merah berada di tower enam dan tujuh, yang menjadi RS Darurat Penanganan Covid-19.