Saat PIK 2 dan BSD mendadak bernilai strategis di mata Jokowi

Ada indikasi politik balas budi dalam penetapan BSD dan PIK 2 sebagai proyek strategis nasional oleh Jokowi.

Presiden Joko Widodo meninjau proyek rehabilitasi daerah irigasi Gumbasa di Desa Pakuli, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Rabu, 27 Maret 2024. /Foto Instagram @jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi merilis 14 proyek strategis nasional (PSN) yang baru untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Penetapan belasan PSN baru itu diambil Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat internal bersama sejumlah menteri terkait di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (18/03). 

Di antara lainnya, Jokowi menetapkan pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Coastland atau PIK 2 dan kawasan terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD) sebagai PSN anyar. Kedua area itu "milik" taipan pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, yakni Aguan dan Franky Widjaja. 

Khusus untuk penetapan BSD sebagai PSN, juru bicara Kemenko Perekonomian, Haryo Limanseto sudah angkat bicara. Haryo mengatakan tidak ada pertimbangan politis dalam penunjukkan BSD sebagai PSN. 

"PSN BSD ditujukan untuk kemajuan sektor pendidikan biomedical digital yang didukung oleh Kementerian Kesehatan," kata Haryo dalam siaran pers yang diterima Alinea.id, Rabu, (27/3). 

Area yang dikembangkan mencapai sekitar 59,6 hektare. Total investasi diperkirakan sebesar Rp18,54 triliun, tanpa kucuran dana dari APBN. Kawasan itu diproyeksikan akan menyerap hingga sekitar 10 ribu tenaga kerja dan mampu menghemat devisa hingga Rp10,1 triliun.