Sebut ada bencana kelaparan, Kemenhub salurkan bantuan

Pihaknya melakukan penambahan penerbangan apabila dibutuhkan sesuai kemampuan armada operator penerbangan.

Ilustrasi. Foto: Ist

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan bantuan logistik berupa bahan makanan, dana, maupun peralatan kerja seperti mesin pompa air. Sebab, bencana alam terjadi di lapangan terbang (lapter) perintis Panggema, kabupaten Yahukimo, provinsi Papua Pegunungan dengan tertimpa material longsor yang terjadi pada 26 September 2023 lalu. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, M. Kristi Endah Murni mengatakan, tanah longsor mengakibatkan putusnya akses ke sana sehingga distribusi barang terhambat dan menimbulkan bencana kelaparan. Pihaknya terus berusaha memberikan bantuan melalui konektivitas transportasi udara dan membantu penanganan dampak kelaparan tersebut.

“Kami turut prihatin atas kejadian yang dialami saudara-saudara kita di Kabupaten Yahukimo Papua Pegunungan,” kata Kristi dalam keterangan, Jumat (27/10). 

Menurutnya, bantuan tersebut diterbangkan melalui penerbangan berjadwal dari Bandar Udara Sentani. Maskapai yang beroperasi seperti Trigana Air dan Wings Air dipastikan dapat melaksanakan penerbangan tambahan dalam menyalurkan bantuan logistik.

“Bantuan logistik bencana alam dapat disalurkan menggunakan penerbangan berjadwal melalui Jakarta, Makassar, dan 10 kota lain di Pulau Papua ke Bandar Udara Sentani di Jayapura,” ujar Kristi.