Menkes klaim sejumlah negara puji RI karena berhasil turunkan kasus Covid-19

Pujian itu disampaikan oleh sejumlah pimpinan di sektor kesehatan negara lain, ketika mereka melakukan pertemuan G20 di Roma, Italia.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan pers. Foto Setkab

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengaku, beberapa negara kaget dan memuji proses dari penurunan kasus Covid-19 yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir di Tanah Air, setelah mengalami puncaknya pada pertengahan Juli 2021 lalu. 

Budi mengatakan, pujian itu disampaikan oleh sejumlah pimpinan di sektor kesehatan negara lain, ketika mereka melakukan pertemuan G20 di Roma, Italia, pada 5-6 September. 

“Untuk yang mengatasi pandemi mereka juga memuji ‘wah kok akhirnya turunnya hebat sekali’. Tetapi dengan kerendahan hati saya bilang ‘ya sebagian turunnya itu karena tim seluruh Indonesia bekerja keras, tetapi setiap kali kita lihat ada up pasti ada down,” ujar Budi dalam acara “Peran Kesehatan Respirasi Selama 76 Tahun Indonesia Merdeka” melalui kanal YouTube RSUP Persahabatan pada Kamis (9/9). 

Namun, dibalik pujian tersebut Budi menyampaikan, ini bukan waktu yang tepat untuk berbangga hati karena seluruh masyarakat masih perlu rendah hati dan tetap waspada kendati virus ini yang bersifat unpredictable

Ia menyarankan kepada pemerintah beserta masyarakat agar tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan serta pemberlakuan 3T (tracing,testing,treatment).