Sektor 7 Sungai Citarum jadi pusat ketahanan pangan

Normalisasi Sungai Citarum dilakukan sejak dua tahun terakhir.

Dansektor 7 Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi (tengah), saat sosialisasi pusat ketahanan pangan di Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (8/7/2020). Dokumentasi Pemprov Jabar

Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum menetapkan Sektor 7 bantaran Sungai Citarum di Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Jabar), sebagai pusat ketahanan pangan. Panjangnya mencapai 14 kilometer (km).

"Kami kembangkan Bios 44 sebagai formula untuk menyuburkan tanah Citarum, supaya nanti bisa menghasilkan lebih buat masyarakat," ucap Komandan Sektor (Dansektor) 7 Citarum Harum, Kolonel Kav Purwadi, di Desa/Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung.

Rencana tersebut telah disosialisasikan kepada masyarakat sekitar. Kegiatan dilakukan di pinggiran aliran Sungai Citarum agar warga melihat langsung progres normalisasi oleh Satgas Citarum selama dua tahun.

"TNI mengembalikan ekologi dan saat ini yang sedang kita lakukan adalah membuat demplot pertanian dan perikanan di 14 desa yang berada di Sektor 7," jelasnya.

Di sisi lain, Purwadi mengungkapkan, terdapat tujuh persoalan di Sektor 7. Limbah industri dan rumah tangga, sampah, pola pikir, bangunan liar, serta pendangkalan sungai, misalnya.