Sensen Komara mengaku rasul, salat menghadap ke Timur

Salat menghadap ke Timur, Sensen Komara mengaku dirinya rasul sekaligus presiden Negara Islam Indonesia (NII) berasal dari Garut.

Salat menghadap ke Timur, Sensen Komara mengaku dirinya rasul sekaligus presiden Negara Islam Indonesia (NII) berasal dari Garut. / Facebook

Salat menghadap ke Timur, Sensen Komara mengaku dirinya rasul sekaligus presiden Negara Islam Indonesia (NII) berasal dari Garut.

Sensen Komara bin Bakar Misbah mengaku dirinya sebagai rasul akhir zaman. Ajarannya, salat menghadap ke Timur, bukan berkiblat ke Barat atau ke Kakbah seperti lazimnya umat Islam di Indonesia.

Tidak hanya itu, kalimat syahadat yang dimiliki Sensen juga berbeda dari umat Islam. Seharusnya dua kalimat Syahadat itu, "Asyhadu an-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Muhammadan rasuulullah" lalu diganti menjadi "Asyhadu an-laa ilaaha illallaah wa asyhadu anna Sensen Komara Bin Bakar Misbah Rasuululah".

Sensen seharusnya direhabilitasi dan dimasukkan ke Rumah Sakit Jiwa dr Hasan Sadikin Bandung pada 16 Juli 2012 setelah sebelumnya diadili. Bahkan, Sensen juga pernah melakukan aksi makar.

Kelompok Sensen mengibarkan bendera NII pada peringatan hari kelahiran 7 Agustus 2011. Acara peringatan itu digelar di Sentra Bakti, Kampung Babakan Cipari, Desa Sukarasa, Kecamatan Pangatikan, Garut, Jawa Barat.