Seragam dan senjata komcad dikembalikan saat tidak aktif

Komcad dapat kembali menggunakan peralatan dan perlengkapannya ketika masa aktif baik saat latihan penyegaran atau mobilisasi.

Peserta mahasiswa angkatan 32 mengikuti Upacara Pendidikan Bela Negara (PBN) di Lapangan Universitas Siliwangi, Kota Tasikmalaya, Jabar, pada Senin (8/1/2018). Foto Antara/Adeng Bustomi

Kementerian Pertahanan (Kemhan) memastikan seragam, termasuk senjata, yang digunakan komponen cadangan (komcad) dikembalikan setelah secara resmi diangkat oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan masuk masa tidak aktif.

"Ya, benar seluruh atribut dan juga senjata semua dikembalikan," ujar Kepala Biro Humas Sekretariat Jenderal (Setjen) Kemhan, Marsma TNI Penny Radjendra, saat dihubungi Alinea.id Minggu (10/10).

Pernyataan senada disampaikan Kabag Pemberitaan Biro Humas Setjen Kemhan, Kol Arm Joko Riyanto. Katanya, komcad kembali ke profesi semula saat masa tidak aktif sehingga peralatan dan perlengkapan disimpan di tempat pelatihan awal.

Komcad dapat kembali menggunakan peralatan dan perlengkapannya ketika masa aktif baik saat latihan penyegaran atau mobilisasi.

"Pada masa tidak aktif, komcad kembali ke profesi semula. Yang karyawan kembali bekerja, yang mahasiswa kembali ke kampus dan tentu tidak memakai atribut tertentu. Baru pada masa aktif memakai atribut komcad yang sama dengan atribut militer. Jadi, memakai atribut hanya pada masa aktif," tuturnya saat dihubungi terpisah.