Keterbatasan stok dan tersendat capaian vaksinasi Covid-19 di daerah

Sebanyak 28 provinsi belum mencapai target vaksinasi Covid-19 dosis kedua, sesuai rekomendasi WHO di atas 60%.

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Awal bulan lalu, Tarin Maulidia nyaris putus asa ketika mencari tempat vaksinasi dosis kedua jenis Sinovac di Kota Lhoksuemawe, Aceh. Pada 6 Oktober 2021, ia dijadwalkan mendapat suntikan vaksin Covid-19 di Polres Lhokseumawe.

“Tapi dapat informasi dari teman, stok vaksin di Polres Lhoksuemawe habis,” ujar perempuan berusia 17 tahun itu saat dihubungi Alinea.id, Minggu (28/11).

Dosis lengkap vaksin Covid-19 diperlukan siswi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lhoksuemawe ini sebagai syarat mengikuti pembelajaran tatap muka terbatas pada awal Desember 2021. Setelah mencari informasi ke sana-ke mari, Tarin akhirnya mendapat suntikan dosis kedua di klinik Kodim 0103/Aceh Utara.

Menurut Tarin, kondisi klinik tempatnya divaksinasi itu sangat sepi. Hanya ada tiga warga yang mengantre, ketika Tarin datang ke klinik itu. Tarin menerka, keinginan warga untuk divaksin menurun lantaran tak ada sosliasi yang masif dari pemerintah setempat. Apalagi, kata dia, sebagian besar warga Lhokseumawe masih skeptis terhadap keberadaan Covid-19.

Stok terbatas