Jadi Kepala BNPB, Suharyanto diminta pimpin sinergi penanggulangan bencana

Mayjen Suharyanto saat ini menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya di wilayah Jawa Timur. 

Mayjen TNI Suharyanto dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Foto kodamjaya-tniad.mil.ad

Presiden Jokowi akan melantik Mayjen TNI Suharyanto sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menggantikan Letjen TNI Ganip Warsito yang memasuki masa purnabakti, Rabu (17/11). Banyak pihak berharap, Suharyanto mampu memimpin penanganan bencana alam yang beruntun di negeri ini, termasuk bencana nonalam berupa wabah Covid-19. Mayjen Suharyanto saat ini menjabat sebagai Pangdam V/Brawijaya di wilayah Jawa Timur. 

Tenaga Ahli/Staf Khusus Kepala BNPB 2019-2021 Egy Massadiah, memberikan catatan dari sosok Suharyanto di matanya.

“Mayjen Suharyanto memiliki kapasitas yang memadai. Satu modal yang sudah melekat selama meniti kariernya sebagai prajurit adalah kesadaran bahwa setiap amanat dan penugasan, selalu dibarengi tekanan dan kesulitan. Saya mengartikannya sebagai sikap yang siap menghadapi segala tantangan,” ujar Egy dikutip dari siaran pers, Rabu (17/11).

Dalam selarik riwayat tugas lanjut Egy, ia melihat ada sedikit kemiripan antara Jenderal Suharyanto dan Jenderal Doni Monardo. Keduanya sama-sama pernah menjadi sosok penting dalam tugas pengamanan presiden.

Menurut Egy, prajurit yang mendapat penugasan di “ring-1” Presiden Republik Indonesia, adalah prajurit pilihan. Mereka melewati proses seleksi yang sangat ketat.