Sumber permasalahan new normal bukan pada sektor transportasi

Pada masa new normal tidak semua pekerja harus kembali beraktivitas di kantor.

Sejumlah warga menunggu KRL Commuter Line lewat di perlintasan Pasar Anyar yang ditutup beton di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/5/2020)/Foto Antara/Arif Firmansyah.

Sumber kekhawatiran penularan Covid-19 pada masa kenormalan baru atau new normal bukan pada sektor transportasi, tetapi pengaturan kegiatan manusianya. Demikian diungkapkan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno.

Jadi, sambung Djoko, seharusnya pada masa new normal tidak semuanya harus kembali bekerja ke kantor seperti sebelum pandemi Covid-19 menyerang.

“Agar pada saat penerapan new normal khususnya di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) tidak timbul kekacauan di sektor transportasi. Sebab sumber permasalahan bukan di sektor transportasinya. Namun, pada bagaimana pengaturan kegiatan manusianya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (10/6).

Menurut Djoko, yang masih bisa work from home (WFH) semestinya tetap menjalankannya atau minimal ada pengurangan kehadiran ke kantor.

Dia menyarankan, sektor ekonomi yang menuntut pekerja harus datang ke kantor perlu diatur jadwal kerjanya. Sehingga, bervariasi pergerakan orangnya dan tidak menumpuk pada jam yang sama.