Survei: Anies-Prabowo bersaing ketat jadi calon terkuat di Pilpres 2024

Anies bahkan berada di posisi teratas jika pilpres tak diikuti oleh Prabowo.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyapa peserta saat membuka kegiatan olahraga sepeda santai di Kanal Banjir Timur Jakarta Timur (15/12/19). Foto Antara/Suwandy


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi saingan ketat Prabowo Subianto dalam daftar calon presiden terkuat di Pilpres 2024. Bahkan hasil survei lembaga survei Median itu menunjukkan Anies menjadi pilihan nomor satu jika Prabowo tak lagi maju dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Dalam penyampaian hasil survei yang dilakukan pada pekan pertama dan kedua Februari 2020 itu, elektabilitas Prabowo Subianto berada pada posisi tertinggi dengan 18,8%. Posisinya diikuti oleh Anies Baswedan dengan 15,8%, dan Sandiaga Uno 9,6%.

"Kalau pemilu berlangsung saat ini, yang menang Prabowo 18,8%, ditempel Anies Baswedan 15,8%. Tipis sekali, tapi masih masuk margin of error," kata Direktur Median Rico Marbun saat menyampaikan hasil survei di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Senin (24/2).

Elektabilitas Prabowo unggul di wilayah perkotaan dengan 20,3%. Sementara Anies mendapat banyak dukungan di desa, dengan 17,8%.

Konsentrasi berbeda juga tampak dari tingkat keterpilihan keduanya di Pulau Jawa dan luar Jawa. Elektabilitas Prabowo berada pada posisi teratas di Jawa, dengan 19,2%. Adapun Anies unggul di luar Jawa dengan 22,2%.