Survei Cyrus: 74,6% publik ingin bekerja seperti semula

Hanya 48,4% responden yang berkesempatan memanfaatkan waktu di rumah untuk bekerja atau belajar secara daring saat PSBB.

Pekerja berjalan di atas JPO Dukuh Atas, Jakarta, Senin (4/5/2020). Foto Antara/Indrianto Eko Suwarso

Survei Cyrus Network menyebutkan, 74,6% responden ingin segera bekerja seperti semula di tengah pandemi coronavirus baru (Covid-19). Tujuannya, memenuhi kebutuhan hidup.

Pangkalnya, menurut CEO Cyrus Network Eko Dafid Afianto, hanya 48,4% yang berkesempatan memanfaatkan waktu di rumah untuk bekerja atau belajar secara daring saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

"Sisanya hanya sekadar menghabiskan waktu bersama keluarga, melakukan silaturahmi online, atau belanja online," ucapnya saat memaparkan hasil survei "Penilaian Publik terhadap RUU Cipta Kerja dan Penanganan Dampak Covid-19" secara daring, Senin (27/7).

Dia berpendapat demikian karena 65,8% responden merasa bantuan sosial (bansos) pemerintah tidak bisa mencukupi kehidupan harian selama PSBB. Sebagai informasi, 80% dari total responden mengetahui bansos dari pemerintah pusat ataupun daerah. 

Sebanyak 78,6% di antaranya mengetahui bansos berupa uang tunai dan 67% tahu dalam bentuk sembako. Menurut responden, pemerintah telah cukup baik dan mengorganisasikan pembagian bansos tersebut.