Survei KedaiKOPI: KPK dianggap paling transparan

Kunto berpendapat, yang menarik meskipun nilai rata-rata Presiden lebih tinggi, tetapi jumlah responden yang percaya KPK lebih banyak.

Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi/Foto dok. KPK RI.

Survei KedaiKOPI menempatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai lembaga yang dianggap paling transparan dengan 19,7%. Di posisi dua sampai lima, TNI 7,1%, pemerintah daerah (pemda) 5,3%, Polri 2,4% dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 1,5%.

Kendati demikian, Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo mengatakan, mayoritas responden tidak tahu lembaga mana yang paling transparan. 

"51,6% responden yang tidak tahu institusi mana yang paling transparan," ucapnya saat memaparkan hasil survei secara virtual, Senin (25/1).

Sementara dalam tingkat kepercayaan, lanjut Kunto, KPK ada di posisi tiga sebagai lembaga yang dipercaya masyarakat dengan persentase 85,8% dan rata-rata nilai kepercayaan 6,90. Peringkat satu ada TNI dengan 88,3% dan rata-rata 7,04 dan Presiden Joko Widodo 83,2% dengan rata-rata 6,98. 

Dari hasil tersebut, Kunto berpendapat, yang menarik meskipun nilai rata-rata Presiden lebih tinggi, tetapi jumlah responden yang percaya KPK lebih banyak.