Survei SMRC: 71,7% responden puas dengan kinerja Jokowi selama 2019-2021

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebut penilaian pemerintahan Jokowi menanggulangi berbagai masalah sekarang semakin baik.

Presiden Jokowi ketika tengah berpidato. Setkab.go.id

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei bertajuk “Ekonomi-Politik 2021 dan Harapan 2022: Opini Publik Nasional” pada Minggu (26/12). Salah satu temuan survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi cenderung stabil selama dua tahun terakhir.

Tingkat kepuasan berdasarkan survei mencapai 71,7%. Sedangkan kurang puas atau tidak puas sebanyak 25,3% dan tidak menjawab 3%.

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani menyebut penilaian pemerintahan Jokowi menanggulangi berbagai masalah sekarang semakin baik dibandingkan 2020 lalu.

Dalam penyediaan pelayanan kesehatan yang terjangkau, sebanyak 55% menyebut semakin baik, lalu 23% menyatakan tidak ada perubahan, 6% mengklaim semakin buruk, dan 6% tidak menjawab.

Deni menjelaskan, hasil survei terkait pemerintahan Jokowi dalam mengurangi pengangguran menunjukkan, sebanyak 25% responden menilai semakin baik, 43% menyebut tidak ada perubahan, 26% semakin buruk, dan 6% tidak menjawab.