Syarat pendinginan vaksin Moderna sangat istimewa, Menko PMK: Segera disuntikan

Pemerintah kabupaten/kota, diminta segera mengambil vaksin di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy/Foto Humas Kemenko PMK.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meminta agar seluruh pemerintah kabupaten/kota, segera mengambil vaksin yang ada di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Untuk semua kabupaten jangan menunda untuk mengambil vaksinnya yang sekarang ada di Dinkes Provinsi Kepri dan segera disuntikan. Karena untuk Moderna itu harus kejar-kejaran, di samping waktunya yang terbatas, syarat penyimpanan pendinginannya juga sangat istimewa,” ucapnya dalam keterangannya, Jumat (13/8).

Penyimpanan vaksin di Gudang Farmasi Dinkes Provinsi Kepri, kata dia, sudah memenuhi standar. Misalnya, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan vaksin Covid-19 Moderna yang membutuhkan suhu minimal -20 derajat celsius.

Di sisi lain, ketersediaan obat di puskesmas dan rumah sakit rujukan masih belum memadai, dengan estimasi kebutuhan untuk Juli sampai September hanya terpenuhi 12,32% saja. Terkhusus obat untuk pasien Covid-19 bergejala sedang sampai berat.

“Jangan sampai kekurangan," tutur Muhadjir.