Tanggulangi aneka penyakit di Indonesia, Kemenkes gandeng Pfizer

Data Profil Kesehatan Indonesia catat penyakit infeksi menjadi penyumbang kematian pada kelompok anak.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Dokumentasi Kemenkes

Penyakit menular dan penyakit tidak menular masih menjadi tantangan bagi Pemerintah Indonesia untuk dituntaskan. Untuk menuntaskan itu, pemerintah tidak bisa berjalan sendiri. Karena itu, pemerintah perlu membuka keterlibatan dari berbagai pihak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Kali ini, pemerintah lewat Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng PT Pfizer. Upaya yang dilakukan adalah meningkatkan upaya promotif dan preventif kesehatan sebagai bagian dari ikhtiar mewujudkan Indonesia Sehat.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha dan Policy and Public Affairs Director PT Pfizer Indonesia, Bambang Chriswanto. Penandatanganan dilakukan di Gedung Kemenkes, Jakarta Selatan, Jumat (1/10).

Nota kesepahaman meliputi upaya peningkatan promosi kesehatan lewat pemberdayaan masyarakat, komunikasi, informasi dan edukasi dalam pencegahan dan penanggulangan penyakit pneumonia, kanker payudara metastasis, dan kanker paru.

Juga manfaat imunisasi bagi masyarakat, peningkatan pengkajian dan pengembangan ekosistem pendidikan bioteknologi kesehatan, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan bidang kesehatan lainnya.