Direktur ATKP Makassar dinonaktifkan

Penonaktifan ATKP Makassar dilakukan setelah taruna bernama Aldama Putra Pongkala tewas dianiaya seniornya.

Ilustrasi / Pixabay

Dugaan kekerasan yang terjadi terhadap taruna Akademi Teknik Keselamatan Penerbangan (ATKP) Makassar pada Minggu (2/2) lalu berbuntut pada penonaktifan Direktur ATKP Makassar Agus Susanto dan skors terhadap seorang taruna bernama Muhammad Rusdi (21).

"Setelah kami melakukan investigasi dan pertemuan internal, kami memutuskan menonaktifkan Direktur ATKP Makassar dan menskors satu orang taruna untuk menjalani pemeriksaan dengan pihak kepolisian," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Minggu (10/2).

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan, setelah melakukan investigasi internal pihaknya menduga telah terjadi penyimpangan terhadap sistem dan prosedur yang berlaku sehingga yang menyebabkan musibah nahas tersebut terjadi pada Taruna ATKP Makassar. Namun demikian, untuk penyebab pastinya, Kemenhub masih menunggu hasil investigasi dari penyelidikan yang tengah dilakukan pihak kepolisian.

"Berdasarkan hasil investigasi internal, kami memutuskan untuk melakukan pergantian personel terhadap seluruh lini di ATKP Makassar yang terlibat pada saat kejadian," ungkapnya.

Menhub menegaskan bahwa Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) yang menaungi sekolah-sekolah perhubungan di seluruh daerah telah menerapkan aturan-aturan dan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menjauhi dan mencegah terjadinya kekerasan di dalam kampus/sekolah antar taruna.