Tempat evakuasi bencana antara positif Covid dengan tidak perlu dibedakan

Pemda diharapkan dapat melakukan koordinasi secara berkala dengan dinas terkait dan aparatur kabupaten dan kota di daerah setempat.

Banjir di Kabupaten Aceh Barat Daya, Rabu (23/9) sore. Foto BNPB

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan peringatan kepada pemerintah daerah agar siap siaga menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang dan tanah longsor.

Selain itu dalam situasi pandemi ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) diharapkan dapat menyiapkan dan mensosialisasikan tempat evakuasi yang berbeda antara masyarakat yang sehat dengan terkonfirmasi positif Covid-19.

"Melaksanakan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dan peraturan lain yang telah dikeluarkan pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19 seperti jaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun,” kata Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/9).

Untuk itu, pemerintah daerah diharapkan dapat melakukan koordinasi secara berkala dengan dinas terkait dan aparatur kabupaten dan kota di daerah setempat. 

Sekaligus melakukan monitoring terhadap informasi peringatan dini cuaca dan potensi ancaman bencana melalui beberapa situs dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) serta BNPB.