Temui Anies, Dubes AS bahas potensi cuaca ekstrem

Pertemuan tersebut telah diagendakan sejak tiga pekan silam.

Dubes AS untuk Indonesia Joseph R. Donovan Jr. (kanan) saling melempar senyum dengan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri), usai menggelar pertemuan di Balai Kota, Kamis (9/1/2020). Foto Alinea.id/Ardiansyah Fadli.

Duta Besar Amerika Serikat (Dubes AS) untuk Indonesia, Joseph R. Donovan Jr., bertandang ke Balai Kota, Kamis (9/1). Donovan menemui Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk membahas potensi cuaca ekstrem.

"Saya jelaskan soal banjir. Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu," ucap Anies saat ditemui di Balai Kota, beberapa saat lalu.

Kedatangan Donovan, ungkap dia, juga untuk mengklarifikasi imbauan Kedutaan Besar (Kedubes) AS tentang prediksi hujan lebat di Jakarta. Diprakirakan berlangsung 9-12 Januari.

"Beliau cerita soal pengumuman Kedubes yang disalahpengertian. Karena menulisnya itu beda antara kata 'through' dan 'on'," tuturnya.

Anies lantas menjelaskan kepada Donovan jika Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menerbitkan potensi hujan sebelum Kedubes AS merilis peringatan dini cuaca (weather alert).