Terkena banjir, pemerintah tetap jaga distribusi BBM di Bengkulu

Pertamina mengalihkan jalur distribusi BBM agar supply tak terganggu.

Warga mengevakuasi perabotan rumah tangga saat banjir di daerah perumahan Sawah Lebar Baru Balai Kota Bengkulu, Bengkulu, Sabtu (27/4)./ Antara Foto

Pemerintah berupaya agar distribusi bahan bakar minyak (BBM) di provinsi Bengkulu tidak terganggu, meski wilayah ini terkena banjir dan longsor. Karena jalur distribusi yang biasa digunakan terganggu, PT Pertamina (Persero) melakukan pengalihan jalur.

Pertamina telah mengalihkan pasokan BBM untuk beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di wilayah Bengkulu. Adapun jalur distribusi yang sebelumnya dilakukan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Linggau, kali ini dialihkan ke TBBM yang lebih dekat dan tidak terkena dampak banjir. Terminal ini mengirim 64 kiloliter untuk enam SPBU yang terkena dampak banjir.

"Pertamina MOR II Sumbagsel telah menyiapkan alternatif supplai dari TBBM terdekat," ujar Region Manager Com & CSR Pertamina Sumbagsel, Rifky Rakhman Yusuf, melalui siaran pers yang diterima Alinea.id, Minggu (28/4).

Rute mobil tanki yang terdampak banjir, yakni jalur lintas Bengkulu Kepahiang, Muara Aman melalui Arga Makmur, dan Maje, juga dilakukan dengan menggunakan jalur alternatif.

Rifky juga memastikan stok liquefied petroleum gas (LPG) dari Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di lokasi banjir, masih dalam kondisi aman dan dapat beroperasi normal.