Teror pembakaran kendaraan di Semarang, politik atau kriminal?

Peristiwa pembakaran kendaraan di Jateng terjadi dalam rentang tiga bulan, sejak Desember 2018 hingga medio Februari 2019.

Polisi menggiring tersangka berinisial YSE (29) saat gelar perkara pembakaran mobil di Mapolres Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (13/3). /Antara Foto.

Sebanyak 25 kendaraan dibakar orang tak dikenal di wilayah Jawa Tengah, meliputi 15 kasus di Kota Semarang, 1 kasus di Kabupaten Semarang, 8 kasus di Kabupaten Kendal, dan 1 kasus di Kabupaten Grobogan. Peristiwa ini terjadi dalam rentang tiga bulan, sejak Desember 2018 hingga medio Februari 2019.

Para korban dan saksi mata

Dari catatan kasus yang terjadi, Semarang menjadi daerah paling banyak terjadi peristiwa pembakaran kendaraan itu. Beberapa korban angkat bicara mengenai hal ini.

“Orangnya lagi enggak ada di rumah. Memang suka kerja ke luar kota. Tapi pas pembakaran itu mah ada orangnya di dalam,” kata seorang tetangga korban pembakaran kendaraan di Jalan Serimpi Raya, Semarang, Jawa Tengah, Senin (11/3).

Rumah itu memang sepi ketika reporter Alinea.id menyambangi pada 11 Maret 2019 lalu. Pada 26 Januari 2019, mobil milik penghuni rumah itu menjadi salah satu korban pembakaran kendaraan di Semarang.