Tertipu kabar bohong lowongan pekerjaan

Sebanyak 128 orang tertipu lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Kereta Api Indonesia.

Para korban penipuan lowongan pekerjaan yang mengatasnamakan PT Kereta Api Indonesia berkumpul di Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (11/11). /twitter.com/keretaapikita.

Pada Minggu (11/11) malam, petugas keamanan mengamankan 128 orang yang akan berangkat ke Yogyakarta dari Stasiun Gambir, Jakarta, menggunakan kereta api Argo Lawu. Pasalnya, mereka kedapatan menggunakan tiket palsu. Usai diselidiki, 128 orang itu merupakan korban penipuan yang mengatasnamakan bagian rekrutmen karyawan PT Kereta Api Indonesia (PT KAI).

Menurut Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin, pelaku penipuan meminta para korban untuk berangkat mengikuti pendidikan dan pelatihan calon pegawai PT KAI di Yogyakarta, dengan membayar uang berkisar Rp5 juta hingga Rp20 juta.

“Modus penipuan diatur melalui grup WhatsApp untuk menyampaikan info-info penipuan kepada korban,” kata Agus saat dihubungi, Senin (12/11).

Agus mengatakan, para korban akan segera membuat laporan penipuan ini ke pihak kepolisian. KAI sendiri, menurut Agus, akan ikut mendampingi mereka. Lebih lanjut, Agus menuturkan, pihak PT KAI masih menunggu perwakilan dari para korban untuk membuat laporan.

“Mungkin mereka sedang menyiapkan data-data terkait penipuan. Jadi, belum bisa kami pastikan jam berapa akan ke Poldanya,” ujarnya.