Titik api karhutla meningkat di Kalimantan dan Sumatera Selatan

Titik api karhutla meningkat di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Sumatera Selatan

Satgas Karhutla Riau melakukan pemadaman kebakaran lahan gambut di Desa Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Senin (16/9)./ Antara Foto

Kepala Biro Penerangan Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, terjadi peningkatan titik api yang mengindikasikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di empat wilayah. Pulau Kalimantan mendominasi jumlah titik api yang terdeteksi.

"Yang mengalami kenaikan di Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, dan Sumatera Selatan," kata Dedi di Humas Polri, Jakarta, Rabu (18/9).

Dedi mengatakan jumlah titik api di Kalimantan Selatan saat ini berjumlah 207 titik. Di Kalimantan Timur terdeteksi 201 titik, Kalimantan Tengah 2.209, dan di Sumatera Selatan 538 titik. Sedangkan untuk wilayah Riau, Jambi dan Kalimantan Barat titik api karhutla sudah menurun.

Saat menggelar rapat terbatas penanganan karhutla di Provinsi Riau, Presiden Joko Widodo mengingatkan agar pemerintah daerah bekerja optimal menangani karhutla. Jokowi menilai, meluasnya karhutla saat ini menunjukkan terjadinya kelalaian yang dilakukan perangkat daerah dalam mencegah terjadinya karhutla.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran meminta semua pihak agar tak lagi saling menyalahkan terkait persoalan karhutla. Menurutnya, hal terbaik saat ini adalah bekerja keras menangani karhutla agar dapat ditangani dengan cepat.